Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Nisel Ajak Siswa/i Smansa Telda menjadi Pengawas Cerdas

Telukdalam_BawasluNisel - Ketua dan Anggota Bawaslu Nias Selatan mengajak seluruh Siswa/i SMA Negeri 1 Telukdalam (Smansa Telda) untuk menjadi pengawas cerdas. hal itu disampaikan pada Sosialisasi Pengawas Pemilu Partisipatif dan Pendidikan Bagi Pemilih Pemula yang dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Telukdalam (09/10/23).

Pada sambutannya, Ketua Bawaslu Nisel menyampaikan bahwa Pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi yang kerawanan pelanggaran pemilu sangat tinggi dimana dalam proses pemilihan ada 5 surat suara dan ada ratusan bakal calon yang akan dipilih. Disamping itu, Pemilih pemula memiliki presentase tertinggi menjadi sasaran kecurangan dalam pesta demokrasi mendatang.


Ketua Bawaslu Nisel Saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi
Pengawas Pemilu Partisipatif dan Pendidikan Bagi Pemilih Pemula

"untuk pemilu 2024, 70% adalah pemilih pemula yang sangat rentan menjadi target oknum-oknum yang ingin mencederai pemilu dengan cara money politik ataupun memanfaatkan pengetahuan teknologi yang dimiliki oleh pemilh pemula. untuk itu, saya harapkan agar adik-adik Siswa/i SMA Negeri Telukdalam menjadi pemilih yang cerdas dengan menambah pengetahuan kepemiluan melalui sosialisasi ini" Kata Ketua Bawaslu Nisel

senada, Anggota Bawaslu Yosua Bu'ulolo yang juga sebagai narasumber menyampaikan bahwa pemilih yang cerdas adalah mereka yang menyumbangkan tenaganya untuk mengawal dan memantau setiap tahapan pemilihan umum serta memberikan suaranya yang nantinya berdampak pada kebijakan pembangunan Negara Indonesia.

Kordiv HP2H saat menyampaikan materi kepada peserta sosialisasi

"Adik-adik pemilih pemula yang cerdas pasti akan menegur apabila ada oknum atau keluarga yang mencoba membeli suara atau bahkan berencana memilih sebanyak 2 kali karena setiap pelanggaran itu ada sanksi pidananya. selain itu adik-adik jangan golput, suara kita menentukan arah pembangunan negara ini sehingga kita dituntut menjadi pengawas dan pemilih yang cerdas" Kata Yosua Bu'ulolo yang juga sebagai kordiv HP2H

Kepala Sekola SMA Negeri 1 Telukdalam Nursari Rindu Simanullang menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bawaslu Nias Selatan dan berharap agar output kegiatan ini menjadi bagian suksesnya pemilu 2024.

Kepala Sekola SMA Negeri 1 Telukdalam saat memberikan sambutan

"Kami sangat menyambut baik kedatangan Bawaslu Nias Selatan untuk memberikan edukasi kepemiluan baik kepada guru dan siswa/i, kebetulan peserta yang kami hadirkan yaitu siswa/i yang sudah atau genap 17 Tahun pada saat pemilihan 2024. kami harapkan sosialisasi ini menjadi media untuk melatih kemampuan guru dan siswa dalam kepemiluan sehingga pemilu 2024 dapat terlaksana dengan baik" Kata Nursari Simanullang.

  • Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Nias Selatan saat menyampaikan laporan kegiatan

Kepala Sekretariat Bawaslu Nisel, Sarso F. Sarumaha dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi telah sesuai dengan mata anggaran yang tersedia pada POK Bawaslu Nias Selatan dengan menargetkan Guru dan Siswa/i sebagai pengawas partisipatif dan Pemilih Pemula

"kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan POK yang tersedia, adapun yang menjadi target sosialisasi ini adalah guru dan siswa dimana nantinya mereka diharapkan dapat menularkan pengetahuan yang didapat dalam lingkungannya masing-masing" Kata Sarso F. Sarumaha.

kegiatan sosialisasi tersebut diwarnai dengan Focus Group Discussion (FGD) antara siswa dengan Ketua dan Anggota Bawaslu Nias Selatan yang mencakup pada teknik melakukan pengawasan partisipatif.

Tag
Uncategorized